Perpanjang SIM hanya 1 jam

16 Mar

Tanggal 14 Maret 2010 kemarin merupakan hari ulang tahun saya. Nah, waktu ulang ulang tahun juga merupakan waktu di saat kita harus memeriksa semua kartu-kartu identitas kita, apakah kartu kita sudah habis masa berlakunya atau belum. Kali ini giliran SIM C saya yang habis masa berlakunya.

Mengingat waktu terakhir memperpanjang SIM A di Polres Depok yang memakan waktu hingga 4 jam, saya berinisiatif untuk mengambil cuti pada hari Senin, 15 Maret, bertepatan hari “kejepit” jadi sekalian memperpanjang liburan, untuk mengurus perpanjangan SIM C. Tapi kali ini saya akan mencoba untuk mengurus SIM melalui SIM keliling.

Dari seminggu sebelumnya, saya mencari tahu lokasi SIM keliling berada pada tanggal tersebut, karena memang dari namanya saja sudah ketahuan, keliling, jadi yang pasti lokasinya berpindah-pindah. Pertama yang ada dipikiran saya dalam mencari lokasi SIM keliling adalah….. ya benar…. oom Google. Tinggal memasukkan kata kunci yang pas, hampir pasti kita dapat yang kita cari. Saya menemukan link ini untuk mengetahui informasi SIM keliling di Depok. Tapi ada beberapa sedikit langkah-langkah dan tips yang ingin saya ubah sedikit.

Pada hari H nya, dengan berbekal informasi dari web tersebut yang mengatakan lokasi hari ini adalah di Depok Town Center, Depok Maharaja, saya pergi menuju ke lokasi, setelah parkir dan melihat tidak ada tanda-tanda mobil SIM keliling, akhirnya mau tidak mau browsing sebentar pakai HP N70. Karena mengingat kalau di web yang saya dapat, ada nomor telepon yang bisa saya hubungi, walaupun waktu hari sabtu nya saya sudah mencoba telepon tapi tidak ada yang mengangkat. Saya mencoba menelpon kembali, dan ternyata kali ini diangkat, dan diberitahu oleh mbak-mbak penjawab telepon kalau lokasi SIM keliling berada di Honda Motocare, AHASS Honda yang lokasinya tidak jauh dari Depok Town Centre, saya tahu karena pernah beberapa kali service motor tiger saya di sana. Dan saya pikir, ini merupakan lokasi yang tepat, mengingat tempat tersebut memiliki banyak pohon rindang, jadi suasananya sejuk.

Di tempat lokasi, saya langsung mengambil tempat parkir yang memang telah disediakan oleh pihak Honda Motocare. Setelah parkir, saya langsung menuju ke mobil SIM keliling. Berikut yang harus dipersiapkan sebelumnya :

– Telepon dulu ke 021-7772915, untuk menanyakan lokasi SIM keliling. Ingat teleponnya jangan hari libur atau diluar jam kerja, karena ini bukan hotline 24/7.

– Yang perlu dipersiapkan, fotocopy KTP 2 lembar (KTP terbaru yang masih berlaku) dan kartu SIM yang mau piperpanjang.

– Pakai kemeja (baju yang ada kerahnya), kalau tidak ada kerahnya tidak boleh di foto.

– Bawa pulpen, boleh warna biru atau hitam.

– Bawa uang (waktu saya SIM C hanya Rp. 100.000,-), buat amannya bawa 100.000 – 300.000

Setelah semua di atas dilakukan, berikut langkah-langkah dan tips pada waktu prosesnya :

– Serahkan fotocopy KTP 2 lembar dan SIM yang lama ke Pak Polisi yang duduk di meja yang berisi formulir yang harus di isi. Nanti Pak Polisi memeriksa secara singkat fotocopy KTP dan SIM, memastikan namanya sama, lalu dipanggil untuk diberikan formulisr untuk diisi.

– Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir. Nah disini merupaka kesempatan kita untuk menyalip posisi orang lain, maka dari itu secepat mungkin formulir diisi dan diserahkan kembali ke Pak Polisi tadi. Isiannya cukup mudah, hanya sekitar nama, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, alamat darurat, nama bapak, SIM yang ingin diperpanjang, dll.

– Setelah menyerahkan formulir, Pak Polisi akan mendata ke buku administrasinya, lalu setelah itu, kita akan dipanggil untuk masuk ke dalam mosil SIM keliling untuk difoto. Biasanya dipanggil per 5 orang.

– Setelah dipanggil, kita memasuki mobil SIM keliling, didalam akan ada 2 Polisi yang bertugas foto dan pembayaran, dan 1 orang adminstrasi. Waktu saya, didalam mobil ini sangat sejuk, bukan karena terdapat AC didalamnya, tapi satu orang polisi nya merupakan Polwan (bisa membayangkan khan wanita berseragam daya tariknya gimana…. hehehehe… ooops).

– Proses fotonya bergantian dengan 4 orang lainnya. Sebelum foto kita akan di tanya ulang golongan darah, alamat rumah, lalu sidik jari jempol tangan kanan dan kiri, tanda tangan. Dan setelah itu kita di foto (saran : bawa sisir, jadi bisa sisiran dulu). Setelah di foto menunggu sebentar sambil membayar administrasi sebesar Rp. 100.000,- untuk SIM C (mengingat terakhir perpanjang SIM C hampir Rp. 200.000😦 ). Setelah itu SIM jadi dan selesai.

Waktu saya, semua proses tersebut tidak sampai satu jam (mulai 9.10 selesai 10.05). Dan waktu cuti saya bisa digunakan untuk hal lainnya. Saya menilai keberadaan SIM keliling seperti ini sangat berguna sekali. Bisa menghemat banyak waktu dibanding berpusat di Polres. Oiya, SIM keliling ini hanya untuk perpanjangan, bukan buat baru, dan tidak bisa apabila SIM yang akan diperpanjang sudah mati 1 tahun atau lebih.

Selamat memperpanjang…….. SIM -nya :p

One Response to “Perpanjang SIM hanya 1 jam”

  1. nurrahman April 22, 2010 at 7:37 PM #

    wah kyk layanan kilat memuaskan yah, seep😀

Leave a Reply

