Photo-photo Djakarta Djaman Doeloe

7 May

Dikumpulin dari berbagai sumber/forum.

Sambil membayangkan enaknya Jakarta jaman dahulu (baca : suasananya). Enjoy it….

Ancol 1948

Ancol 1948

1948 hayamwuruk

HayamWuruk 1948

1950 gajahmada

Gajah Mada 1950

1950merdekabarat-thamrin1

Merdeka Barat - Thamrin 1950

1950 pintuair

Pintu air 1950

Harmoni 1954

Harmoni 1954

Jatinegara 1955

Jatinegara 1955

Kramat raya 1955

Kramat raya 1955

Menteng raya 1955

Menteng raya 1955

Pegangsaan Timur No.56

Pegangsaan Timur No.56

Thamrin 1962

Thamrin 1962

kayanya sih sekitaran Monas..??

kayanya sih sekitaran Monas..??

Becak

Becak

Bina Graha

Bina Graha

Bioskop Megaria

Bioskop Megaria

Gedung Kesenian

Gedung Kesenian

Glodok 1932

Glodok 1932

Istana Negara 1885 (benderanya masih ada birunya :D)

Istana Negara 1885 (benderanya masih ada birunya :D)

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Pancoran

Pancoran

Paser Baroe

Paser Baroe

Passer baroe

Passer baroe

RSCM tahun 1900 yang masih ada pabrik opiumnya di belakang yang deket universitas bung karno

RSCM tahun 1900 yang masih ada pabrik opiumnya di belakang yang deket universitas bung karno

Stasiun Tj Priok 1929

Stasiun Tj Priok 1929

Pelabuhan Tj. Priok 1935

Pelabuhan Tj. Priok 1935

Thamrin - Sudirman

Thamrin - Sudirman

Taxi

Taxi

Toko Ice Cream (ini ragusa bukan yah??)

Toko Ice Cream (ini ragusa bukan yah??)

Peta Batavia 1897

Peta Batavia 1897

About these ads

27 Responses to “Photo-photo Djakarta Djaman Doeloe”

  1. Dani kurniawan June 10, 2009 at 5:45 PM #

    Wahh jaman dulu jakarta hebat sekali ya…!

    Dulu, di jakarta ada tremnya kayak yang ada di eropa sekarang! . Klo diliat jalurnya ada di hampir setiap jalan. mungkin klo dibandingin dengan jalur busway saat ini (yang katanya mau dibangun 10 koridor) kayaknya masih kalah sama jalur trem yang dulu (selain gak bikin macet jalanan krn gak ada separator whehehe…)

    Mobil2nya juga antik2 banget apa lagi untuk sepantaran taksi , jaman sekarang mobil kayak gitu bisa dijual ampe 1/2 milyar

    Cuma yang saya mau komplain, foto yang “Stasiun Kota 1929″ itu sepertinya “Stasiun Tanjung Priok” (Di depanya blom ada terminal bus) bukan Stasiun Kota .
    Kan Stasiun Tanjung Priok terkenal dengan “White House-nya”

    Tapi klo di pikir-pikir…. coba saya lahir dijaman itu, mungkin saya gak terganggu sama masalah sampah, tanah kosong masih luas (buat maen bola); Sekarang,Boro-boro…
    Truz sempat membeli player piringan Hitam, radio tabung , mobil antik kayak foto diatas. Apalagi bisa melihat trem ,kereta uap,orang2 belanda oleh mata kepala sendiri…(kayak yang ada di video klip Koes-Plus).
    Wuih..Puas banget buat di ceritain sama anak,cucu saya…

    • Anonymous June 11, 2009 at 4:45 PM #

      oiya bener itu stasiun tj priok… baru ngeh… soalnya namain cuman ngeliat nama file photonya… ngeliat bentuknya bener kalo itu stasiun tj priok… secara mbah sama babeh gw pernah jadi kepala stasiun disitu, jadi rada apal bentuknya… thanks koreksinya…

  2. basto July 13, 2009 at 3:50 PM #

    foto yang keterangannya “sekitaran monas” kalo ga salah itu lapangan banteng karena gedung departemen keuangan sebenarnya diproyeksikan jadi istana dan di situ kantornya gubernur jenderal. gedung yang megah di foto itu gedung depkeu.

    • rudybogor April 10, 2010 at 4:29 PM #

      itu betul kok lapangan monas / ikada. kalau diperhatikan foto istana negara dan dibelakangnya tampak istana merdeka dan jalan Ir. Juanda. saya belum lahir jaman itu, jadi gak tau gedung apa itu yang dulunya ada di lapangan “ikada” (sekitar lokasi patung diponegoro sekarang).
      Yang jelas gedung itu sudah gak ada di tahun 1940an. Foto ini kalau gak salah diambil thn. 1935. Saya ada foto serupa dari KTI Amsterdam dari sudut lain, cari saja di google – Koninsplein atau paleis batavia

  3. johnsonbram October 6, 2009 at 8:26 AM #

    wow…sangat menakjubkan…..tapi kalau boleh tau.. tahun 1885 apa memang sudah ada foto???????????kok kelihatannya kok yang gambar istana negara tahun 1885 kok nggak jaman dulu-dulu amat.

    • Bayu October 6, 2009 at 6:02 PM #

      mas johnsonbram, coba kita itung, Belanda njajah Indonesia 3,5 abad artinya 350 tahun. Kalo Indonesia merdekanya 1945 berarti 1945 – 350 – 3,5 (jepang njajah) = sekitar tahun 1591an belanda dateng…

      nah kalo foto pertama kali yang diproduksi di dunia itu tahun 1827 oleh orang Perancis namanya Nic├ęphore Ni├ępce. Berarti kalo ada foto istana negara tahun 1885 berarti bukan hal yang mustahil…

      coba deh tanya om Google sama tante wikipedia… :D

      • marlo December 23, 2009 at 8:08 AM #

        Foto itu dibuat pd thn 1947, yg ambil foto itu adalah seorang wartawan belanda. Omong-omong, dari baju udah kelihatan kl foto itu gak mungkin dibuat pd thn 1885 haha

  4. hasbi December 17, 2009 at 1:09 PM #

    pengen bnget gw hidup d jaman yg foto ancol thn 1944
    masih sepi,tentram n asik bngt…

  5. michael December 22, 2009 at 9:06 AM #

    wah jakarta yang menawan pada masanya

  6. tofa January 13, 2010 at 7:24 PM #

    coba guehidup jaman dulu,,, gue pasti bisa keliling kota naik taxi,yang antik itu.pasti menyenangkan

  7. wahyu adi January 16, 2010 at 12:16 PM #

    sepiiii… bgtt … enak ga stress di jln krn macett

  8. bayugunanjar March 16, 2010 at 10:02 AM #

    mas Marlo… hmmm.. mungkin juga sih bukan tahun 1885… tapi kalo tahun 1947..?? kita sudah merdeka membiarkan orang2 mengibarkan bendera Belanda?? kayanya enggak yah…

  9. uknown April 15, 2010 at 10:34 AM #

    gw mending idup jaman dulu dah. lebih enak diliat. dari pada sekarang

  10. seskemeh April 15, 2010 at 6:55 PM #

    Hii hihi patung pancoran dari dulu ampe sekarang, ngak ada nyang nemenin… tapi sekarang MUACEETTTTTTTTTT buanggggggggeeeeeeeeeetttttttt

  11. bob April 15, 2010 at 7:02 PM #

    terkesan dengan foto-fotonya.
    asyik banget melihatnya

  12. men Bolong April 15, 2010 at 7:15 PM #

    Melayani penjualan baterai, adaptor, LCD laptop, harga bersaing, garansi, melayani luar kota, hub. http://www.intiplus.com atau telp. 021-95711010, 46491010.

  13. Fattah April 17, 2010 at 5:45 PM #

    Bagus, Mas. Saya emang ngoleksi foto lama Jakarta. Eh, ternyata ini lengkap banget. Makasih, yah…

  14. Duane Aritonang April 21, 2010 at 3:17 PM #

    Ok…. collective sekali….
    Bagus juga, jika di publish…
    Video Djakarta Djaman Doeloe….

    Regards,
    http://br.st/3xI

  15. yudhi kurniawan May 5, 2010 at 3:08 PM #

    waH rasanya teduh banget liat jakarta tempo dulu….tambahin lagi dong koleksi foto nya

  16. dave June 23, 2010 at 4:14 PM #

    mantapp …

  17. sigit hananto June 28, 2010 at 3:21 PM #

    wuiiiighhhhhhhhhh….
    mantab cing…
    keren dah…
    jadi pgn kembali ke jaman dulu….ahahahahhaa

  18. roy ahmad July 4, 2010 at 10:26 AM #

    djakarta tempo doeloe…
    bikin hatikoe terenjoeh…
    andaikan akoe bisa mengatoer waktoe…
    ingin rasanja akoe hidoep di masa moe…
    oh…djakarta tempo doeloe…
    kapan akoe bisa merasakan indahnja hidoep seperti di masa moe…
    dengan soesana jang dapat menyejoekkan hatikoe…
    dan selaloe memboeat segar pikirankoe…
    oh…djakarta tempo doeloe…
    akoe tjinta kepadamoe…

  19. kendaljetak October 15, 2010 at 2:47 PM #

    kalo aku lahir waktu itu, cucuku pasti jadi presiden sekarang

  20. Bapak Guru June 4, 2011 at 10:43 PM #

    BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA – MELANJUTKAN KULIAH – KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: 085736927001.ku@gmail.com
    HUB: +6285736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

  21. bonny February 8, 2013 at 11:03 AM #

    ingin rasanya punya mesin waktu supaya bisa lihat jakarta tempo dulu

  22. Anonymous October 10, 2013 at 2:10 PM #

    Dari Foto2nya ….Kayak Negara Gak Pernah Di Jajah !

  23. Dede Saripudin January 21, 2014 at 4:55 PM #

    Keren abis gan,kalo gak salah dulu tahun 80 an,taman terminal tj priok ada patung binatang,saya waktu itu masih usia 4 th, pernah foto2 di taman tsb,tp sy nyesel fotonya sudah rusak,klo ada tlong share dong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: